Bilangan Ganjil atau Genap dan Belanja Online
Assalamualaikum
Hallo ..
Terima Kasih telah berkunjung diblog saya..
Ini adalah postingan pertama saya di blog ini....
Perkenalkan
nama saya Lisa Ardella Putri,
Saya
berusia 19tahun dan lahir di Riau, tetapi sekarang tinggal di Jakarta.
Saya
berkuliah di STMIK MERCUSUAR Jatiwaringin, jurusan teknik informatika.
Saya membuat blog ini karena memenuhi tugas kuliah saya dari dosen bapak Slamet Sucipto M.kom mata kuliah Algoritma dan Pemrograman tentang membuat flowchart dan program menentukan sebuah bilangan bernilai bilangan ganjil atau bilangan genap.
Apa itu Algoritma dan Pemrograman?
Apa itu
Flowchart?
Algoritma adalah suatu langkah atau urutan
yang logis dan sistematis untuk pemecahan suatu masalah atau untuk mencapai
tujuan yang diinginkan.
Program adalah perwujudkan atau implementasi
algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman.
Flowchart adalah algoritma yang di tulis dalam diagram.
1. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan flowchart untuk kegiatan pembelian barang di toko online.
Disini saya mengambil contoh belanja online melalui Lazada.
Lazada adalah situs belanja daring yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga.
Lazada didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian
dari Lazada
Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga
tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia,
Vietnam, Thailand, dan Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat
mereka.
- Algoritma Kegiatan Belanja Online di Lazada
{Pembeli mencari produk yang diinginkan, memilih produk
yang diinginkan, pesan produk yang diinginkan, dan menyelesaikan kegiatan}
- Deklarasi :
- Pembeli sebagai
tipe pengiput.
- Seller sebagai
tipe pemroses dan output.
- Flowchart :
- Deskriptif :
- Pembeli
login ke situs belanja online.
- Pembeli
menginput barang yang ingin dibeli.
- Pembeli
mencari barang yang ingin dibeli.
- Cek
stock barang.
- Pesan
barang.
- Melakukan
pembayaran.
- Barang
sudah diterima.
- Kesimpulan
dari pembeli.
- Selesai.
2. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan
pseudocode untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap.
- Algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan , bilangan
ganjil dan genap
{User memasukkan nilai bilangan, algoritma menerima nilai
bilangan, menentukan bilangan genap dan ganjil, mencetak hasil}
- Deklarasi :
- Genap
- Ganjil
- Integer
- Deskriptif :
- Masukkan
nilai bilangan.
- Bagi
bilangan tersebut dengan angka 2.
- Jika
bilangan habis di bagi 2, maka keterangannya bilangan genap.
- Jika bilangan tidak habis di bagi 2, maka keterangannya bilangan ganjil.
- Pseudocode :
START
Read "Masukkan nilai bilangan"
if(Nilai % 2 ==0)
"Adalah bilangan genap"
else
"Adalah bilangan ganjil"
end
Script :
/*
*
To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
*
To change this template file, choose Tools | Templates
*
and open the template in the editor.
*/
package
bilangan.ganjil.genap.pkg2;
import
java.util.Scanner;
/**
*
*
@author Acer
*/
public
class BilanganGanjilGenap2 {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.print(" Masukkan Nilai Bilangan =
");
int Nilai = input.nextInt();
if(Nilai % 2 ==0){
System.out.println(" Adalah Bilangan Genap " );
}
else
{
System.out.println(" Adalah Bilangan Ganjil " );
}
}
}
Komentar
Posting Komentar